Sumber Segala Informasi

Loading...

Macam-macam Sistem Organ Manusia

Macam-macam Sistem Organ Manusia. Sistem organ manusia hampir sama denga sistem organ pada hewan, kalaupun berbeda, hanya dalam beberapa point saja. Sistem organ adalah kumpulan beberapa organ yang bekerja bersama-sama untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks. Dalam kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Manusia memiliki beberapa sistem organ yang mendukung kehidupannya. Berikut ini adalah jenis-jensi sistem organ manusia.

Macam-macam sistem organ manusia

Ada sebelas sistem organ manusia yang keberadaannya aka mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Kesebelas sistem organ tersebut terbagi kedalam 7 kategori. Macam-macam sistem organ tersebut antara lain adalah:

1. Sistem Ekskresi
Sistem ekskresi berfungsi membuang zat sisa hasil metabolisme keluar dari tubuh. Sistem ekskresi terdiri atas ginjal, paru-paru (karbon dioksida), hati (racun) dan kulit (keringat).

2. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan
Sistem pernapasan adalah sistem yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Sistem pernafasan terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.

3. Sistem Pencernaan
Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk memecah bahan makanan menjadi struktur yang lebih sederhana sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh.  Sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati dan pankreas.

4. Sistem Peredaran / Transportasi
Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang berfungsi untuk mengangkut dan menyebarkan nutrisi dan oksigen dari jantung keseluruh tubuh, serta membawa kembali bahan limbah dari seluruh tubuh ke jantung untuk di saring. Sistem peredaran darah terdiri atas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe.

5. Sistem Reproduksi
Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Sistem reproduksi terdiri dari alat reproduksi pria, yaitu testis, dan alat reproduksi wanita yaitu ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.

6. Sistem Gerak

Sistem gerak adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi alat gerak.  Sistem gerak terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Sistem Otot, berfungsi sebagai tempat menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka.
  • Sistem Rangka, berfungsi sebagai penunjang dan pembentuk tubuh, tempat menyimpan bahan mineral, dan tempat pembentukan sel darah, dll.

7. Sistem Regulasi

  • Sistem Saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. Terdiri dari otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf.
  • Sistem Endoktrin adalah sistem organ yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. Sistem endoktrin terdiri atas kelenjar tiroid, kelenjar hipofisa/putuitari, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu.
  • Sistem Indra adalah sistem organ yang berfungsi sebagai reseptor khusus yang mendeteksi beberapa macam rangsangan. Sistem indra terdiri dari indra penglihatan, indra pendengaran, pndra perasa, indra penciuman, dll.
Bagikan :
Loading...
Back To Top